OPTIMALISASI STRUKTUR KOMUNIKASI DALAM NASKAH LONTAR RARE SIGAR

  • I Made Putra Suryantara
Keywords: Struktur Komunikasi, Lontar Rare Sigar

Abstract

Naskah lontar Rare Sigar merupakan sebuahkarya sastra kuno yang dikaji dalam bentuk syair, tutur, sloka-sloka, mantra, kitab atau lontar lain yang berupa pupuh.Naskah karya sastra tersebut dapat dijadikan sebagai pedoman dalam pengkajian ilmu sastra Hindu.Pengkajian naskah Rare Sigar ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai optimalisasi struktur komunikasi dalam pemahaman karya sastra tersebut.Pengumpulan bahan kajian dilakukan melalui studi kepustakaan dengan menggunakan teori struktural fungsional.Hasil kesimpulan dari naskah lontar Rare Sigar  supaya masyarakat Hindu terus mendalami dan mengetahui keaslian naskah tersebut sehingga dapat memaknai nilai-nilai dalam isi lontar tersebut. Naskah lontar Rare Sigar di dalamnya mengandung optimalisasi struktur komunikasi secaravertikal dan horisontal yang berkaitan dengan insiden, plot/alur cerita, tema, tokoh dan penokohan, latar dan amanat. Makna komunikasi dalam naskah lontar Rare Sigar berkaitan dengan makna teologi, maknakarma phaladan makna etika.

References

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1994. Jakarta: Balai Pustaka
Luxemburg, Jan Van, dkk. 1984. Pengantar Ilmu Sastra (Diindonesiakan oleh Dick Hartoko). Jakarta: Gramedia.

Machfud, Sidik. 2001. Optimalisasi Pajak Derah dan Retribusi Daerah Dalam Rangka Meningkatkan Keuangan Daerah.Artikel.
Mahsun, M.S. 2005. Metodologi Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ratna, I Nyoman Kutha. 2011. Teori, Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Larasan.

Teeuw, A. 1988.Sastra dan Ilmu Sastra; Pengantar Ilmu Sastra.Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya.

Tim Kerja. 2009. Transliterasi dan Terjemahan Naskah Lontar Rare Sigar. Mataram: Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Museum Negeri Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Published
2019-10-31
How to Cite
I Made Putra Suryantara. (2019). OPTIMALISASI STRUKTUR KOMUNIKASI DALAM NASKAH LONTAR RARE SIGAR. Gov.Com Journal, 1(1). Retrieved from http://ejournal.upatma.ac.id/index.php/govcom/article/view/24