PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP TENAGA KERJA MAGANG YANG MENGALAMI KECELAKAAN KERJA (STUDI DI MATARAM HOTEL)

Main Article Content

Kadek Bunga Dinda T.P.
Ismak Subardan

Abstract

Pekerja/buruh adalah manusia yang juga mempunyai kebutuhan sosial, sehingga perlu sandang, kesehatan, perumahan, ketentraman, dan sebagainya untuk masa depan dan keluarganya. Mengingat pekerja sebagai pihak yang lemah dari majikan yang kedudukannya lebih kuat, maka perlu mendapatkan perlindungan atas hak-haknya. Mataram Hotel merupakan perusahaan swasta yang beroperari di bidang perhotelan. Mengingat jangka waktu kerja selama 24 jam tentu saja akan berpengaruh bagi keselamatan dan kesehatan para pekerjanya, untuk itu Mataram Hotel harus memberikan perlindungan terhadap para pekerjanya, termasuk bagi tenaga kerja magang.


Tujuan penelitian ini adalah untuk melindungi hak-hak pekerja dan mendapat perlindungan hukum pekerja seperti waktu kerja, waktu istirahat, jamsostek sebagai jaminan pemelihaiaan kesehatan. Ini merupakan perlindungan yang wajib diberikan perusahaan karena sudah tercantum di Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Perlindungan tersebut merupakan tanggung jawab perusahaan terhadap pekerjanya tersebut tanpa terkecuali.

Article Details

How to Cite
Kadek Bunga Dinda T.P., K. B. D. T., & Ismak Subardan, I. S. (2020). PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP TENAGA KERJA MAGANG YANG MENGALAMI KECELAKAAN KERJA (STUDI DI MATARAM HOTEL). JIH Amanah 45, 2(1), 1-29. Retrieved from http://ejournal.upatma.ac.id/index.php/jih45/article/view/33
Section
Articles